Rencana 13 titik Park and Ride di Kota Surabaya


……………………………………………………………………………………………………………………………………..

Kemacetan menjadi masalah yang komplek dalam kehidupan perkotaan, hal ini yang melatar belakangi perbaikan pengelolaan sistem transportasi perkotaan dan pendukungnya. Dalam program pengembangan sistem transportasi angkutan massal perkotaan, pemerintah Kota (pemkot) Surabaya dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan daerah tahun anggaran 2012 akan mengembangkan fasilitas park and ride pada sarana dan prasarana transportasi yang ada di Kota Surabaya.

Dengan memanfaatkan meningkatnya jumlah pengguna sepeda akhir-akhir ini, PemkotSurabaya berencana akan membangun jalur sepeda yang terintegrasi dengan jalur pedestrian yang saat ini memiliki lebar yang mencukupi.Konsep jaringan jalur sepeda dan pedestrian tersebut direncanakan akan menghubungkan pusat-pusat kegiatan masyarakat di tengah Kota Surabaya, semisal pusat perbelanjaan dan sekolah.Ini merupakan bentuk untuk mendorong masyarakat menggunakan kendaraan tidak bermotor dalam melakukan perjalanan-perjalanan pendek, selain menghemat biaya juga ramah terhadap lingkungan.Dengan penerapan sistem park and ride nantinya para pengguna sepeda akan memperoleh kemudahan dalam berpindah moda karena dengan memarkir sepeda di lokasi yang telah disediakan, pengguna sepeda dapat melanjutkan kembali perjalanan dengan menggunakan angkutan massal seperti BRT atau angkutan lain ke lokasi yang akana dituju.

Penerapan sistem park and ride ini akan dilakukan di 13 titik yang tersebar di Kota Surabaya. Diantaranya kawasan kendung sememi, pertigaan margomulyo tandes, pertigaan banyu urip simo gunung, Jl. Rajawali, tugu pahlawan, basuki Rahmat, pertigaan pandigiling raya darmo, Jl. Margorejo (bekas SDN Margorejo), Jl.A. Yani (bekas perumahan PT.Iglas), Pertigaan Kedung cowek-Kenjeran, Urip Sumoharjo, Kertajaya, dan Jl. Mayjend Sungkono.

Diharapkan penerapan park and ride serta pengembangan jaringan sepeda yang terintegrasi dengan pedestrian ini dapat mengurangi jumlah kepadatan kendaraan yang melewati jalan-jalan Kota Surabaya. Selain itu penggunaan sepeda merupakan angkutan yang murah, sehat dan ramah lingkungan.[fr]

Sumber : Dinas Perhubungan Kota Surabaya

  • Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s